apa itu close up

Apa Itu Close Up & Bagaimana Cara Foto Close Up Berkualitas?

Dalam fotografi pastinya kamu pernah mendengar istilah ‘Close Up’. Apa itu yang dimaksud Close Up? 

Pada artikel ini kita akan membahas pengertian Close Up. Biasanya foto Close Up dibutuhkan untuk keperluan dokumen seperti KTP, SIM, foto ijazah, dan lain-lain.

Simak artikel dibawah ini karena kami akan memberikan penjelasan mengenai foto Close Up serta tutorial cara memfoto orang secara Close Up dengan baik agar hasilnya berkualitas. 

Apa Itu Close Up?

Foto close up merupakan pemotretan yang difokuskan pada bagian tertentu. Tapi foto close up tidak selalu difokuskan pada wajah, ada juga yang membuat foto close up bagian tangan atau kaki. Biasanya hal tersebut untuk keperluan foto produk gelang, cincin dan lain-lain.

Jika ingin melakukan foto close up pada wajah, diharapkan memperhatikan ekspresi wajah karena hal tersebut merupakan fokus pada foto ini. Pastinya kamu juga tidak mau kan wajahmu terlihat aneh saat foto close up. Siapa disini yang foto tidak puas dengan foto KTP nya? Ups!

Foto close up menonjolkan objek dari sisi yang lebih detail. Selain untuk keperluan dokumen seperti KTP, SIM, foto ijazah, foto close up wajah juga sering digunakan untuk keperluan iklan skincare. Maka foto akan menampilkan detail objek berupa kulit hingga terlihat sampai pori-pori. 

Cara Memfoto Orang Close Up Dengan Baik Agar Hasilnya Berkualitas

Agar dapat memperoleh foto close up yang baik dibutuhkan teknik atau cara supaya hasil gambar mempunyai karakter yang unik, berbeda, menarik, dan sesuai seperti aslinya. Di bawah ini adalah cara memotret foto close up yang dapat para pemula lakukan, antara lain:

  • Jenis Lensa

Agar menghasilkan foto close up yang berkualitas, kalian perlu memakai berbagai macam lensa yang sesuai untuk memotret dalam jarak dekat. Sehingga objek yang di foto tampak jelas.

Salah satu lensa yang dipakai dalam memotret foto close up yakni menggunakan lensa yang mempunyai focal length panjang kira-kira 200 mm atau tidak kurang dari 85 mm. Secara umum, lensa tele lebih baik dan dapat menghasilkan foto yang bagus daripada lensa wide.

Lensa tele dapat menghasilkan foto yang memiliki kesan lembut. Dimana objek gambar tampak dekat sekali dengan area latar belakang yang mem-blur. Begitu juga sebaliknya, tak disarankan untuk memakai jenis lensa wide bagi foto portrait. Sebab objek gambar yang dihasilkan tampak jauh.

  • Pengaturan Kamera

Sebagian besar orang mengatur fungsi kamera untuk memperoleh foto close up yang fokus, bagus, dan terang. Untuk memperoleh foto yang semakin berkarakter, kalian perlu melakukan pengambilan gambar dari sudut yang pas. Dan juga menggunakan bantuan lighting untuk memperoleh cahaya yang diperlukan. Tidak hanya itu, kalian pun harus mempunyai daya kreativitas tinggi supaya tercipta foto yang diharapkan.

  • Menghindari Eye Level

Untuk melakukan pemotretan close up menggunakan kamera DSLR, lebih baik diusahakan untuk tidak memakai eye level. Kalian dapat memakai perspektif baru menggunakan angel yang berbeda agar menghasilkan tipe foto yang lain. Agar memperoleh foto yang berdimensi dan menunjukkan detail objek, kalian dapat memakai flash pada berbagai arah berbeda. Bisa dari samping ataupun belakang objek.

Untuk memperoleh hasil gambar yang semakin dramatis, kalian dapat berfoto menggunakan landscape pemandangan yang indah. Jangan lupa pula untuk mencari backlight pada foto, supaya hasilnya lebih bernilai tinggi dan menarik.

  • Teknik Komposisi

Teknik komposisi adalah teknik yang penting sekali untuk melakukan pemotretan foto close up memakai kamera DSLR. Sebab tanpa memakai teknik komposisi, maka keindahan foto yang dihasilkan bisa berkurang walaupun teknik pemotretan telah lumayan bagus.

Kalian dapat memakai cahaya matahari untuk bisa menghasilkan foto yang lebih terang. Akan tetapi, tetap memerlukan lighting untuk alat tambahan. Pemakaian alat lighting tambahan ini harus sesuai pada arah sinar matahari. Sehingga shadow atau bayangan pada foto tampak lebih pekat.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan arah cahaya matahari. Objek berada pada sisi kanan ataupun kiri pencahayaan matahari. Akan tetapi, apabila matahari belum tampak jelas, maka arahkan objek sejajar dengan matahari. Yang paling penting, jangan pernah berhenti berkreativitas dan melakukan beberapa cara tadi untuk memperoleh foto yang berkualitas.

Akhir Kata

Nah itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu close up dan bagaimana cara memotret orang dengan cara close up. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan manfaat, khsuusnya kalangan yang senang mengabadikan berbagai momen kedalam foto.

Nantikan beragam informasi menarik lainnya seputar tips, tutorial, dan hal apapun itu yang berkaitan dengan fotografi. Kamu bisa cek terus website dan akun sosial media Reflection Photography untuk bisa dapetin promo menarik dari setiap paket yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Booking? Klik disini!
error: Content is protected !!