pengertian foto landscape

Pengertian Foto Landscape & Tips Foto Landscape Memukau

Pengertian foto landscape merupakan salah satu jenis atau bentuk tampilan dari suatu gambar yang diabadikan oleh seseorang secara horizontal. Untuk membuat foto bentuk seperti ini, memang gampang-gampang susah sehingga membutuhkan trik khusus.

Namun kamu tak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan kami bahas secara tuntas mengenai topik tersebut. Tanpa perlu berlama-lama, yuk langsung kita mulai ulasan selengkapnya mulai dari apa itu fotografi terlebih dahulu.

Apa Itu Fotografi?

Fotografi asalnya dari kata Yunani “photos” yang berarti cahaya dan “grafo” yang berarti melukis. Jadi, konsep fotografi merupakan proses melukis melalui memakai media cahaya.

Selain itu, fotografi juga memiliki arti sebagai cara atau metode penghasilan foto dari sebuah subjek atau objek dari hasil pantulan cahaya yang mengenainya dan direkam melalui media berupa kamera yang peka pada pencahayaan.

Fotografi sendiri kerap dilakukan untuk mengabadikan momen. Baik untuk pembuatan iklan, produksi berita, atau keperluan yang lain.

Salah satu aspek terpenting dari fotografi yaitu cahaya. Sebab tanpa cahaya, tak ada hasil foto yang dapat di buat dan di lihat.

Apa Pengertian Foto Landscape?

pengertian foto landscape

Pengertian foto landscape merupakan sebuah metode pengambilan gambar foto yang dilakukan dengan posisi horizontal. Itu berarti tampilan foto tampak melebar atau memanjang ke samping daripada tingginya.

Umumnya, foto landscape ini dipakai bagi pengambilan gambar pemandangan alam, atau dapat pula bagi gambar kumpulan orang yang berdiri ke samping (sebagai contoh pemain bola sebelum mulai pertandingan). Landscape pun jadi suatu genre yang berarti objek pemandangan luas.

Elemen-Elemen Utama Dalam Foto Landscape

  • Komposisi Foto Leading Line

Ketika memasukkan leading lines, akan sangat membantu kamu dalam mengambil foto. Kamu bisa membuat seolah-olah orang yang melihat foto tersebut berada disana. Leading lines biasanya dimulai dari satu titik di sudut frame menuju ke satu titik ke tengah foto. Hal ini akan membuat foto kamu memiliki komposisi dan posisi yang pas.

  • Komposisi Negative Space

Ada kalanya leading lines tidak perlu digunakan. Dalam suatu kondisi saat kamu menemukan sebuah objek yang memiliki karakter begitu kuat, kamu hanya perlu memainkan posisi frontal dan menekan shutter. Negative space memanfaatkan ruang kosong dalam komposisi foto. Ruang kosong tersebut dapat membuat objek utama lebih menonjol dan lebih kuat karakternya.

  • Komposisi Dead Center

Caranya dengan menempatkan objek di bagian tengah foto. Syaratnya tidak boleh ada objek lain yang mengganggu objek foto kita. Pastikan objek yang ingin difoto stand out dibandingkan objek lain. Kamu bisa mengkomposisikan objek apa saja, misal matahari, bintang, bulan, lautan, dan lainnya. 

Sejarah dan Perkembangan Foto Landscape

Sejarah fotog landscape bermula pada abad ke-19, pada masa ini foto landscape ditemukan.  Abad ke-19 menyimpan banyak tonggak sejarah seni landscape. Hal ini bermula pada saat membuat foto pemandangan. 

Fotografi landscape atau fotografi bentang alam digunakan dalam istilah fotografi yang merujuk pada salah satu jenis fotografi yang menangkap pemandangan alam dengan sudut pandang yang luas 

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, foto landscape banyak dikembangkan menjadi berbagai jenis fotografi. Salah satunya adalah foto panorama. Nanti kita bahas juga ya mengenai foto panorama!

Karakteristik Foto Landscape

Terdapat beberapa elemen yang akan mempengaruhi hasil dan karakteristik foto landscape kamu. Beberapa elemen tersebut meliputi komposisi objek, pengaturan cahaya, serta warna. 

Foto landscape diperlukan untuk memfoto objek yang luas, seperti pemandangan dan lainnya. Ada beberapa kegunaan, foto landscape bisa digunakan untuk mengambil foto dengan objek yang sangat banyak agar muat dalam sebuah foto. Namun dapat juga hanya mengambil satu atau beberapa objek yang difokuskan. 

Pastikan kamu menggunakan lensa yang tepat untuk mengambil foto landscape ini. Beberapa contohnya adalah 

  • Lensa Ultra Wide
  • Telephoto Lens (Lensa jarak jauh)
  • Lensa Standar

Terutama jika kamu memiliki keahlian dalam fotografi, dengan lensa yang tepat kamu akan menghasilkan foto yang luar biasa. 

Teknik Dasar Fotografi Landscape

Biasanya, foto landscape diambil di tempat yang terbentang luas, contohnya seperti di padang pasir, lautan, atau hamparan sawah. Untuk mendapatkan hasil yang mengagumkan, kamu bisa mengambil timing yang pas. Misalnya seperti saat sunrise, sunset, atau saat matahari ada diatas kepala. Kamu juga bisa mengambil waktu malam hari untuk mengambil objek bulan dan bintang di langit. Tapi jangan lupa, siapkan lensa yang bisa menangkap foto di malam hari!

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai teknik dasar fotografi landscape. Seperti mengatur ISO, semakin banyak ISO berarti akan lebih banyak noise. Turunkan ISO ke sekitar 50 atau 100. Cara terbaik untuk mengambil foto ini adalah dengan menggunakan eksposur yang lebih lama untuk mengimbangi kurangnya sensitivitas cahaya. Kamu juga perlu memperhatikan leading line, negative space, dead center, dll. 

Peralatan yang Dibutuhkan

Ada beberapa jenis kamera yang cocok digunakan untuk foto landscape kamu. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Canon EOS 90D
  • Nikon D850
  • Nikon Z7 II
  • Fujifilm GFX100S
  • Sony Alpha A7R V

Itu tadi adalah beberapa jenis dan merk kamera yang bisa kamu gunakan untuk fotografi landscape. Lensa yang kamu butuhkan juga bisa kamu tambahkan seperti lensa ultrawide, telephoto lens, atau bisa saja kamu gunakan lensa biasa. Kamu hanya perlu pintar memainkan settingan kamera.

Kamu juga bisa menggunakan aksesoris tambahan seperti tripod sebagai stand untuk kamera agar hasilnya tegak dan tidak goyang. Nah kamu juga bisa menggunakan filter kamera untuk menghasilkan foto yang lebih bagus. 

Baca juga: Pengertian Foto Close Up

Tips dan Trik untuk Foto Landscape yang Memukau

Beberapa tips untuk kamu yang ingin menghasilkan foto landscape yang memukau:

  • Memilih lokasi foto yang tepat ketika melakukan landscape fotografi
  • Perhatikan pemilihan waktu yang tepat untuk mendapatkan hasil landscape fotografi
  • Manfaatkan penggunaan tripod ketika kegiatan landscape fotografi
  • Gunakan sudut lensa yang lebar ketika ingin mengabadikan foto landscape
  • Pakai format RAW pada saat foto landscape 
  • Hindari mengambil foto dengan terlalu banyak objek yang mengganggu

Pengeditan Foto Landscape

Saat ini sudah sangat banyak software pengedit foto. Sebenarnya tak hanya untuk foto landscape, kamu bisa edit foto apa saja disini. Beberapa contohnya adalah:

  • Adobe Photoshop
  • Luminar AI
  • Adobe Lightroom
  • Photo RAW 2022.1
  • Photolab 5-Elite Edition
  • ACDSee Photo Studio Ultimate
  • AfterShoot Pro 3
  • Photoscape X Pro
  • Canva Pro
  • GIMP 

Kamu bisa melakukan pengeditan menggunakan software atau aplikasi diatas. Kamu bisa mengatur settingan pencahayaan, crop, mengatur saturasi, menghilangkan objek yang tidak perlu, dan lain-lain. 

Contoh Fotografer Landscape Terkenal

Berbicara soal fotografi, tentu kamu banyak mengetahui beberapa fotografer terkenal yang memang hasil karyanya cukup bagus. Bahkan fotografer ini sudah sangat dikenal oleh banyak orang dengan karya memukaunya dan menjadi inspirasi banyak kalangan.

Nah berikut ini kami berikan daftar nama fotografer profesional dengan mayoritas foto dalam bentuk landscape. Penasaran siapa saja fotografer terkenal itu, yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

1. Vincent Favre 

Nama pertama datang dari seorang pria Prancis yang memang terkenal dengan hasil foto landscape berupa pemandangan alam, yaitu Vincent Favre. Ia sering kali menghasilkan karya foto berbentuk landscape yang cukup menawan dan mengabadikan pemandangan indah seperti misalnya pegunungan, laut, dan tepi pantai.

Melalui hasil karya foto yang ia abadikan, Vincent menyampaikan pesan tersirat bahwa kita harus mencintai keindahan alam dan lingkungan sekitar. Sehingga antara kehidupan manusia dengan lingkungan sekitar dapat terjalin secara harmonis.

2. Darren White

Sama halnya dengan Vincent, Darren White merupakan fotografer yang sering kali menampilkan hasil foto berupa pemandangan alam. Karya foto miliknya ini tentu saja sangat layak ketika dipajang pada sebuah dinding rumah, dengan memiliki nilai estetika tersendiri.

Tak hanya itu saja, karya miliknya sudah beberapa kali terbit di majalah populer berkaitan dengan fotografi. Hal ini yang membuat nama Darren White mendapat tempat tersendiri bagi kalangan pecinta seni foto.

3. Lars Van de Goor

Berikutnya ada nama Van de Goor yang berasal dari Belanda dan sudah terkenal dengan foto landscape cukup menawan. Hasil karya miliknya ini biasanya mengabadikan suatu momen keindahan alam, yang mana sudah pernah masuk dalam finalis 10 besar Hasselblad Masters.

Ia menunjukkan betapa indahnya alam dan lingkungan sekitar jika kita dapat menikmati bahkan mensyukurinya. Foto yang diabadikan olehnya jelas memiliki nilai cukup tinggi bagi penikmat seni.

Kesimpulan

Nah itulah tadi informasi yang dapat kami berikan tentang pengertian foto landscape dan tips untuk mendapatkan foto landcape memukau. Tak hanya itu saja, ReflectionPhotography.co.id menyajikan informasi mengenai daftar fotografer profesional yang terkenal dengan hasil karya foto berbentuk landscape.

Semoga dengan adanya informasi tadi dapat memberikan manfaat bagi para pembaca yang ingin menghasilkan foto landscape nampak keren nan memukau. Nantikan beragam informasi menarik lainnya seputar dunia fotografi, dengan selalu mengunjungi website kami.

Jangan lupa buat kamu yang ingin mengabadikan momen indah bersama keluarga untuk datang ke studio foto di jogja yang memiliki pelayanan dengan baik dan hasil fotografi yang memuaskan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Booking? Klik disini!
error: Content is protected !!